BannerFans.com

Monday, February 1, 2010

Mau Usaha Apa ya????

Ada beberapa kendala yang muncul saat seseorang ingin memulai suatu usaha. Salah satunya adalah jenis usaha yang ingin dijalankan oleh orang tersebut. Bisa jadi dengan dana sekian juta dia ingin menjalankan suatu usaha tertentu. Tapi ternyata setelah dihitung-hitung dana yang ada tidak mencukupi untuk usaha tersebut. Ada juga orang yang tidak bermasalah dengan keuangan tapi malah bingung dengan pilihan usaha yang akan dilakukan. Terkadang tekad sudah membara untuk berwiraswasta tapi tanpa dana dan tanpa tahu jenis usaha apa yang ingin dilakukan. Jenis orang yang terakhir yang lebih banyak beredar.

Sehingga muncul pertanyaan jenis usaha apa yang bisa, cocok atau realistis untuk dijalankan. Orang bijak bilang, buka mata buka telinga. Orang bingung bilang, lha.. sejak dari lahir mata dan telinga saya sudah terbuka. Padahal banyak orang bilang peluang bertaburan di mana-mana. Lantas bagaimana dan di mana ide untuk memulai suatu usaha bisa didapatkan?

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Sebenarnya, setiap masalah adalah peluang. Di sini berlaku petuah bijak, buka mata buka telinga, peluang bertaburan di mana-mana. Tapi buat sebagian orang memang tidak mudah mengkaitkan antara masalah dan peluang.
  2. Datang ke toko buku. Sekarang banyak buku-buku berbagai peluang usaha mulai dari dana minim sampai dana besar, usaha ibu rumah tangga, usaha berdasarkan kegembaran, usaha kuliner, dll. Buku tentang bagaimana cara memulai usaha juga ada.
  3. Beli majalah-majalah kewirausahaan. Di loper koran banyak majalah atau tabloid kewirausahaan beredar. Beli atau langganan saja beberapa diantaranya. Karena mereka sangat fokus membahas kewirausahaan.
  4. Sering-sering ngobrol dengan orang lain. Ini yang banyak dilakukan orang sambil main golf, ketemu di kafe, reuni sekolah, dll. Mendengarkan orang lain bercerita atau masalah mereka kadang kala dapat menimbulkan ide bisnis tertentu.
  5. Menciptakan kondisi yang biasanya membuat otak menghasilkan pikiran-pikiran cemerlang. Ada yang dengan berlama-lama di toilet, pergi ke pantai atau nongkrong di mall sambil melihat keramaian orang.
  6. Cari informasi dari negara lain terutama negara tetangga. Apa yang sudah berjalan di negara tetangga seperti Malaysia biasanya dapat dijalankan di Indonesia. Terutama karena adanya kesamaan kultur dengan Indonesia. Cara termudah, cari informasi sebanyak-banyaknya melalui google.com.my
  7. Informasi mengenai peluang usaha juga tersedia di situs-situs dalam negeri. Berikut beberapa diantaranya yang menyediakan informasi yang bukan kutipan dari website lain:
    - Okezone.com
    - Liputan 6 Online
    - Kompas Online
    - Detik.com
    - Tabloid Nova Online
    - Swa Online
    Website yang menyediakan tempat untuk membahas kegiatan wirausaha sangat banyak tapi website di atas saat ini sering memperbaharui informasi yang diberikannya. Selain itu juga mereka dikelola secara serius atau memiliki media informasi lain seperti televisi, koran atau tabloid.

Mudah-mudahan membantu memberi sedikit pencerahan.

Sumber :

http://www.kreativitas.net/mau-usaha-apa-ya.html

Artikel Terkait

0 comments:

.

Selamat datang di Blog Informasi Peluang Bisnis Kami. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih
 
Informasi Peluang Bisnis Copyright © 2009 Informasi Peluang Bisnis