Friday, February 5, 2010

Cara membuat minyak jarak

Minyak jarak....kayak jaman kuno wae..heheheee
tapi ga taunya minyak jarak sekarang ini menjadi salah satu solusi untuk mengganti bahan bakar minyak..
salah satu cara membuat minyak jarak..
semoga berguna bagi pozone. jika ga ber kenan Dell wae mas..

SEKILAS TENTANG BUAH JARAK DAN MINYAK JARAK

Jatropha Curcs L dikenal sebagai jarak pagar. Jarak pagar merupakan tanaman semak yang tumbuh cepat dengan ketinggian mencapai 3-5 meter.
Tanaman ini tahan kekeringan dan dapat tumbuh di tempat bercurah hujan 200 milimeter per tahun hingga 1.500 milimeter per tahun.
Jarak pagar hampir tidak memiliki hama karena sebagian besar bagian tubuhnya beracun. Tanaman ini mulai berbuah setelah berusia lima bulan dan mencapai produktivitas penuh pada usia lima tahun.
Buahnya elips dengan panjang satu inci, memiliki dua hingga tiga biji. Umur tanaman ini bisa mencapai 50 tahun.
Biji, daging buah, dan cangkang bisa digunakan sebagai bahan bakar.
Selain itu bagian-bagian tubuh jarak bisa digunakan untuk insektisida, pupuk, dan biogas.
Ciri-ciri tanaman Jarak Pagar antara lain adalah perdu atau pohon kecil, bercabang-cabang tidak teratur, tinggi sekitar 1 ? 7 meter, tumbuh sebagai tanaman liar atau tanaman pagar, dan dapat tumbuh baik di tanah tidak subur dan beriklim kering. Dengan sifat yang demikian, jarak pagar mudah ditanam di mana pun asal ada lahan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ITB dan PT Rekayasa Industri dikatakan bahwa Minyak Jarak Pagar menghasilkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan memiliki cetane number yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar diesel konvensional yang ada di pasaran.
Bahan dasar ini sebenarnya merupakan tanaman penghasil minyak yang sudah digunakan masyarakat sejak zaman dulu, kemudian tanaman ini dibudidayakan secara besar-besaran ketika zaman penjajahan Jepang.
Dari 10 kilogram buah bisa dihasilkan 3,5 liter minyak jarak yang sama kualitasnya dengan solar. Bedanya tipis sekali, yakni minyak jarak memiliki lebih banyak oksigen dan nilai kalorinya lebih rendah dari solar. Keduanya membuat proses pembakaran pada minyak jarak lebih sempurna dan bersih.
Karena yang paling banyak menggunakan bahan bakar adalah rumah tangga dalam bentuk minyak tanah maka titik berat dari pengembangan BBM ini adalah minyak tanah untuk masyarakat yang jumlah terbesar (60%) terletak di pedesaan. Untuk itulah dibuat program desa mandiri energi. Diharapkan desa yang dapat memproduksi sendiri kebutuhan energinya tidak lagi tergantung pada pihak luar.

WUJUD MINYAK JARAK
Wujud BBM dari biji jarak ini seperti minyak goreng, kental, licin, dan baunya tidak mencolok.

CARA MEMBUAT MINYAK JARAK
Cara 1
Biji jarak dijemur selama dua hari, setelah itu dipecahkan untuk memisahkan daging dan kulit biji jarak. Daging biji jarak digiling dan diperas. Tiga kilogram biji jarak menghasilkan satu liter minyak jarak.

Cara 2
Cukup dengan mengukus 50 kilogram buah jarak selama satu jam. Lalu daging dihancurkan dengan mesin blender.
Setelah itu, daging buah dan biji yang sudah dihancurkan dimasukkan ke dalam mesin tempa minyak. Dengan penekanan dongkrak hidrolik, ampas diperas hingga menghasilkan minyak.


HARGA MINYAK JARAK
harga produksi harga minyak jarak = Rp. 3.000,- sampai 3.500,- /kg

UJICOBA MINYAK JARAK PADA MESIN
Menjelang pertengahan tahun 2004 yang lalu, DaimlerChrysler, salah satu perusahaan otomotif terkemuka, berhasil mengujicobakan penggunaan bahan bakar BTL (Biomass to Liquid) pertama di dunia pada mobil Mercedes-Benz seri C (Mercedes-Benz C 220, red.), menempuh jarak 5.900 km dalan kondisi lingkungan yang ekstrim di India (India Daily, 19/7/2004). Bahan bakar tersebut kemudian diberi nama dagang SunDiesel, diperoleh dari minyak jarak dan merupakan salah satu program DaimlerChrysler dalam mengembangkan Biodiesel.

PENGEMBANGAN MINYAK JARAK DI INDONESIA

minyak dari tanaman jarak melalui pendekatan ilmiah di Indonesia, dipelopori oleh Dr. Robert Manurung dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 1997 dengan fokus ektraksi minyak dari tanaman jarak. Sejak tahun 2004 yang lalu, penelitian ini mendapat dukungan dari Mitsubishi Research Institute (Miri) dan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) dari Jepang (Kompas, 12/5/2005).
Menghadapi krisis kelangkaan BBM dan kenaikan harga BBM di Indonesia, Pemerintah mulai menggali sumber-sumber energi alternatif. Minyak jarak ini pun mulai mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Setelah dirintis oleh ITB kemudian diikuti oleh IPB, dan selanjutnya diikuti oleh lembaga pemerintah pusat yaitu BPPT, dan oleh pemerintah daerah seperti Pemprov. Nusa Tenggara Timur, Pemprov. Nusa Tenggara Barat, Pemkab. Purwakarta dan Pemkab. Indramayu, serta oleh BUMN seperti PT. Pertamina, PT. PLN dan PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), semua saling bekerja sama untuk pengembangan minyak jarak sebagai bahan bakar minyak alternatif ini. Tidak ketinggalan Sekolah Menengah Kejuruan bidang pertanian pun akan mengikuti pengembangan minyak jarak ini, untuk bahan bakar minyak alternatif.

Sumber 

Artikel Terkait

0 comments:

Selamat datang di Blog Informasi Peluang Bisnis Kami. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih
 
Informasi Peluang Bisnis Copyright © 2009 Informasi Peluang Bisnis