Monday, February 1, 2010

Cara berdagang ala nabi muhammad saw

By wahidyankf

Teringat ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar…Ayah saya berkata kepada saya, “Mas…kalo kamu mau berdagang…coba ikutin cara dagangnya nabi Muhammad”…saya pun bertanya kepada beliau…”emangnya kenapa pa?”…”cara berdagang nabi tuh paling bagus mas…soalnya setiap kali nabi berdagang…dia bilangnya begini…”pa/bu…saya beli barang ini harganya segini…kualitasnya begini…sekarang terserah bapa/ibu mau kasih saya untung berapa”…sebuah percakapan yang saya ingat ketika sampai sekarang…

Ketika memasuki dunia sekolah menengah atas, saya mengalami banyak metamorphisis…salah satunya adalah keinginan saya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses…dengan segala alasannya…dan saat itu saya berpikiran bahwa tidaklah mungkin kalo kita nerapin cara dagang nabi…mana bisa yang begituan…ntar untungnya sedikit banget donk…ga logis…

Tetapi perlahan-lahan pikiran tersebut berubah…puncaknya adalah ketika baru2 ini saya berdagang pemesanan buku ke luar negeri…pada kegiatan dagang itu saya mencoba untuk mengaplikasikan cara ini…hitung2 trial n error lah…dan ternyata hasilnya cukup memuaskan…pasalnya pelanggan saya mengaku puas dengan cara kerja saya yang memberikan laporan yang (saya rasa) lengkap, jujur, dan komprehensive…yah…sebenernya saya cuma nulis simple aja sih…gak rumit-rumit amat…saya cuma memberi tahu kepada mereka di mana saya membeli buku ini, alasan, dan harga yang lengkap…di laporan ini saya mencantumkan tempat dan harga asli barang yang saya beli…

Dan hasilnya…alhamdulillah “gaji” saya naik…50% dari semula…yah…not bad…^_^

Setelah dipikir2….dari cara berdagang nabi ini…kita bisa menyimpulkan beberapa hal,,,beberapa yang baru saya dapat adalah…

a. Kelebihan…

1. Pelanggan lebih nyaman untuk membeli barang, karena ia merasa tidak tertipu…ingat…alasan seseorang tidak membeli sesuatu adalah karena rasa takut…baik rasa takut kehilangan barang yang akan di tukar (baca : uang), rasa takut akan barang yang dibeli tidak setimpal…maupun rasa takut ditipu…dan dengan menggunakan metoda ini, setidaknya kita bisa mengurangi satu hambatan dalam jual beli…

2. Pelanggan memiliki kepercayaan kepada kita jika kita memang benar-benar jujur dalam melakukan metoda ini…dan banyak pembeli yang lebih suka membayar sedikit lebih mahal namun terpercaya daripada lebih murah namun tidak bisa dipercaya…
Kekurangan…

1. Mungkin profit yang dihasilkan pada awal dagang tidak akan terlalu banyak…namun sepertinya tidak akan menjadi masalah kalo jangka panjangnya makmur bukan? =p

Kesimpulan…

Walaupun cara berdagang ini belum banyak terbukti di lapangan pada masa ini…namun cara berdagang ini layak dicoba dan dipraktekkan…

so…

met mencoba…

=)



Hasil kutipan dari :
http://wahidyankf.wordpress.com/2008/04/29/berdagang-ala-nabi-muhammad-saw/
Quantcast
Artikel Terkait

0 comments:

Selamat datang di Blog Informasi Peluang Bisnis Kami. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih
 
Informasi Peluang Bisnis Copyright © 2009 Informasi Peluang Bisnis